Let's Talk About Mental Health

 

Acara perdana Ubah Stigma “Let’s Talk About Mental Health” diadakan pada tanggal 18 Agustus 2018, di @america Mall Pacific Place, dan dihadiri oleh sekitar 150 orang dari berbagai kalangan umur.

Sesi pertama bertajuk Kesehatan Mental pada Anak dan Remaja, dan dibawakan oleh dua psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC dan Margaret Khoman M.Psi, Psikolog.

Secara garis besar, kedua psikolog menjelaskan cara mengasuh kesehatan mental anak, seperti memenuhi kebutuhan emosional anak dan pentingnya memeriksa kesehatan hubungan antara orang tua dan anak.

Selain itu, salah satu diskusi juga berupa uraian tentang bagaimana teknologi, seperti gadget dan media sosial hanyalah sebuah media, yang bisa menjadi positif atau negatif. Sementara itu, permasalahan utama nya terletak pada motivasi dibalik penggunaan media tersebut. “Jangan sampai parenting tergantikan oleh gadget”. Indera pengecap anak harus di stimulasi, dan itu adalah tanggung jawab orangtua atau caregiver

 
 
 
 

Sesi kedua yang bertopik Stress pada Individu dan di Tempat Kerja dibahas oleh dua konsultan karakter, Dr. Jakoep Ezra dan Harmoni Ezra, S.Psi, CBC. Topik ini diulas oleh kedua psikolog dengan pembahasan teori psikologi yang fokus kepada Emotional Quotient, dan juga pemberian tips-tips bermanfaat untuk cara-cara mengelola stress.

Mereka juga membahas tentang banyaknya perusahaan di Indonesia yang masih mengabaikan pentingnya faktor-faktor eksternal para pekerja seperti stress akibat pekerjaan yang ada. Sedangkan perusahaan-perusahaan di luar negeri sudah mulai menyadari hal tersebut, dengan menyediakan counseling center, dan program-program untuk mediasi dan pelatihan, sebagai jalan keluar untuk para pekerjanya menghilangkan stress mereka. Dampak besar tersebut sangat diharapkan dan dianjurkan untuk disadari oleh semua perusahaan-perusahaan agar orang-orang memiliki sehat mental dan dibantu dalam mengelola stress mereka di dalam dunia pekerjaan.

 
 
 
 

Sesi terakhir berjudul “Through their Eyes” melibatkan tiga penyintas gangguan mental yang berbagi informasi tentang kesehatan mental melalui kisah mereka. Pembicara sesi terakhir antara lain adalah, Ayla Dimitri, Hana Madness, dan Amanda Khairunnisa. Mereka berbagi cerita mengenai perjuangan kondisi mentalnya masing-masing, seperti psychosomatic disorder, schizoaffective disorder, dan generalised anxiety disorder.

Para pembicara juga memberikan saran atas cara mengatasi gangguan mental mereka saat beraktivitas sehari-hari, seperti pentingnya dukungan dari orang-orang terdekat. Ayla menekankan pentingnya untuk membuang dulu segala hal yang dapat memicu kondisi mental tersebut agar bisa berjalan terus. Amanda juga memberikan saran untuk kita semua mengingat “it’s okay to have bad days, it’s okay to admit, it’s okay if you wanna take breaks, it’s ok if you’re not ok”, walaupun di sisi lain, tidak baik untuk menjadi “not okay” terus-menerus.

 
 
 
 

Acara Let’s Talk about Mental Health disponsori oleh @america dan didukung oleh PT Forisa. 

 
Asaelia Aleeza@america